Bupati LT Loekman.Dkoyosoemarto - Menghadiri Peringatan Hari Gizi Nasioanl tingkat lampung Tengah

Bandar Surabaya - Rapemda 92,8 fm. Peringatan Hari Gizi Nasional ke 59 tingkat Kabupaten Lampung Tengah di Pusatkan di Kecamatan Bandar Surabaya Rabu 27 Februari 2019 dengan tema Membangun Gizi Menuju Bangsa Berprestasi. Demikian dilaporkan Plt kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah edi Sunarko SKM.MM pada acara Peringatan Hari Gizi Nasional 2019 yang dipusatkan di Kampung Surabaya Ilir kecamatan Bandar Surabaya, Rabu 27 Fenruari 2019.

Àcara yang dihadiri Bupati.Lampung Tengah dengan didampingi Ketua TP PKK Ny. Ellya Lusiana Loekman dan Ketua DWP Lampung Tengah Ny. Rosdiana Adi Erlansyah serta seluruh Kepala OPD dan Jajaran Dinas Kesehatan Lampung Tengah serta seluruh elemen masyarakat tersebut diawali.dengan senam bersama tersebut juga dihadiri Forkompimcam setempat.

   

Sementara itu Bupati Lampung Tengah Loekman Djyosoemarto dalam sambutannya mengatakan Salah satu komponen terpenting dalam pembangunan kesehatan adalah terpenuhinya kebutuhan gizi masyarakat terutama pada periode 1000 Hari Pertama Kehidupan. Ditambahkan bupati hal ini menjadi penting sebab periode kehamilan hingga anak berusia 2 tahun merupakan kesempatan emas dalam mencetak generasi berkualitas bebas stunting dan masalah gizi lainnya. Selain itu bupati menjelaskan Kekurangan gizi yang terjadi pada masa janin dan anak usia dini akan berdampak pada perkembangan otak dan rendahnya kemampuan kognitif yang dapat mempengaruhi prestasi belajar dan keberhasilan pendidikan.

Lebih lanjut bupati menjelaskan kurang gizi yang dialami pada awal kehidupan juga berdampak pada peningkatan risiko gangguan metabolik yang berujung pada kejadian penyakit tidak menular pada usia dewasa, seperti Diabetes type II, Stroke, Penyakit Jantung dan lainnya. Karena itu periode ini tidak boleh diabaikan harus kita perhatikan dengan seksama. Oleh karna itu loekman mengingatkan karena menjadi penentu tingkat pertumbuhan fisik, kecerdasan dan produktivitas seseorang, Dalam jangka panjang, stunting dan masalah gizi lainnya juga merupakan ancaman besar bagi negara, karena akan berdampak pada menurunnya kualitas dan produktivitas sumberdaya manusia yang selanjutnya dapat menghambat pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kemiskinan dan kesenjangan di masyarakat.

Share Post: