Capacity Building Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Kabupten Lampung Tengah 2024

Pjs. Bupati Lampung Tengah Bobby Irawan, S.E., M.Si. membuka acara Capacity Building Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Kabupten Lampung Tengah Ta. 2024 di Ruang BJW Nuwo Balak, Rabu 09/10/2024. Hadir dalam acara tersebut Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. Rusmadi, M.M., Kepala Badan Pendapatan Daerah Lampung Tengah Drs. Asrul Sani, Kepala Perangkat Daerah Pengelola Retribusi Kabupaten Lampung Tengah, Analis Bank Indonesia M. Ilham Wiratama, Bank Lampung Kadiv Dana dan Jasa Bpk. Dhino Pramono, Dir PT FTF Golbal Indo Bapak Jos dan para Peserta Capacity Building Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah.

Dalam Laporannya Kepala BAPENDA Lampung Tengah menerangkan tujuan pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi dan pemahaman kita dalam menerapkan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD) di Kabupaten Lampung Tengah, khususnya dalam hal pembayaran retribusi daerah secara digital. Penerapan sistem pembayaran digital merupakan program pemerintah pusat dan bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dalam memperkuat tata kelola keuangan daerah yang lebih modern dan adaptif terhadap perkembangan teknologi. Untuk itu, langkah penting yang akan kita ambil untuk meningkatkan efisiensi, akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan khususnya pendapatan asli daerah adalah dengan menggunakan sistem pembayaran retribusi melalui kanal-kanal digital yang tersedia yakni kanal pembayaran digital menggunakan QRIS dan aplikasi payment hub agar bisa dapat digunakan untuk menunjang pengelolaan dan pemantauan transaksi keuangan secara lebih efektif.

 

Sementara itu Pjs. Bupati Lampung Tengah Bobby Irawan mengapresiasi dan menyambut baik atas diadakannya kegiatan capacity building elektronifikasi transaksi pemerintah daerah, Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah sebagai langkah penguatan sinergitas sektor ekonomi terkait upaya percepatan digitalisasi di Kabupaten Lampung Tengah. Kita ketahui bersama, di era digitalisasi saat ini, Pemerintah Daerah memerlukan pelayanan publik yang efektif, praktis, dan cepat. Hal tersebut menjadi suatu keharusan guna mendukung Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah di Kabupaten Lampung Tengah. Kegiatan pada pagi hari ini merupakan langkah baru untuk memperkenalkan dan memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembayaran dan pengelolaan keuangan daerah. Tujuan utama dari ETPD adalah meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam sistem keuangan Pemerintah Daerah.

“Oleh karena itu, saya menghimbau kepada seluruh peserta capacity building untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti materi yang diberikan, karena pengetahuan ini akan menjadi dasar dalam menjalankan penerapan pembayaran digital di setiap OPD pengelola retribusi. Saya berharap seluruh OPD pengelola retribusi dan instansi terkait dapat bekerja sama dalam memastikan suksesnya penerapan pembayaran pajak dan retribusi secara digital di Kabupaten Lampung Tengah, guna menunjang pertumbuhan ekonomi melalui digitalisasi tranksaksi di Kabupaten Lampung Tengah”. (Diskominfotik Lampung Tengah)

Share Post: