Gebyar Anak PAUD Himpaudi Dalam Rangka Peringatan Hari Pendidikan Tahun 2024

Bunda Paud Lampung Tengah Hj. Mardiana Musa Ahmad menghadiri dan sekaligus membuka acara Gebyar Anak PAUD Himpaudi dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Tahun 2024. Sabtu 11 Mei 2024 bertempat di PAUD Al-Istifadah Kampung Haduyang Ratu Kecamatan Padang Ratu. Kegiatan gebyar kali ini dimeriahkan berbagai lomba dianataranya : Lomba gerak dalam lagu/ Tarian bebas setiap lembaga mengirimkan 1 tim dan Lomba Karaoke Sholawat. 

Ketua panitia dalam laporannya yang disampaikan oleh Ketua PC Himpaudi Kecamatan Padang Ratu Suparno Ahmad mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan pengurus cabang Himpaudi kecamatan Padang Ratu, sedangkan peserta dan undangan berjumlah 200 orang, sedangkan tujuan dari gebyar kali ini adalah memberikan pemahaman kepada kita semua, bahwa pentingnya akan pendidikan anak usia dini, menggali potensi PTK dan peserta didik Paud sehingga kedepan bisa berkembang dengan baik. 

Bunda Paud Lampung Tengah Hj. Mardiana Musa Ahmad dalam sambutannya mengatakan Masa Usia Emas Anak Usia Dini (Golden Age) dikatakan sebagai masa "golden periode' karena anak mengalami pertumbuhan otak yang sangat pesat sekali. Oleh karena itu orang tua harus memperhatikan asupan makanan yang bergizi untuk anak, menstimulasi perkembangan anak dengan kegiatan yang menarik dan menyenangkan agar seluruh proses pertumbuhan dan anak terpenuhi secara maksimal. Perkembangan lima tahun pertama kehidupan anak merupakan masa pesat perkembangan otak hingga masa ini sering disebut sebagai golden periode. Bahkan, anak di usia 5 tahun pertama diketahui punya kemampuan photographic memory, mengingat seperti mata kamera. Di atas lima tahun, kemampuan memorinya menurun.

 

 

Hak anak saat usia itu adalah waktunya bermain jadi biarkan saja mereka bermain karena dengan bermain stimulusnya akan berkembang, tapi orang tua boleh arahkan bermainnya anak pada hal hal positif. Ajak anak untuk mengembangkan peraba, perasa, penglihatan, dan geraknya. Dunia anak adalah dunia bermain, kegiatan bermain stimulasi yang bisa kita berikan kepada merupakan anak. Melalui bermain banyak hal yang salah satu bentuk didapat oleh anak. Melalui bermain seluruh aspek perkembangan anak terstimulasi, perkembangan sosial emosional, moral dan agama, bahasa. Fisik motorik, Seni dan kognitifnya.

Kegiatan Lomba Gebyar Anak PAUD ini ini juga merupakan kegiatan yang dapat menstimulasi perkembangan pertumbuhan seluruh perkembangan anak. Mari dan aspek gunakan kegiatan Gebyar PAUD ini sebagai ajang untuk melatih keberanian, kemandirian, percaya diri, dan kreativitas anak. Orang tua ikut mendampingi kegiatan ini dengan harapan dapat menjalin kedekatan emosi antara anak dan orang tua, orang tua menyadari bahwa kewajiban mendidik anak yang paling utama ada pada orang tua.

Orang tua bekerja sama dengan guru dan masyarakat dalam mendidik anak, agar pendidikan anak dapat diberikan secara baik dan maksimal. Orang tua sempatkan waktu untuk mendampingi anak bermain dan belajar, berikan penghargaan atas segala kemampuan dan prestasi yang eha ditunjukan anak melalui perhatian, kasih sayang dan hadiah-hadiah kecil lainnya. Hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, merasa dihargai dan anak akan lebih semangat dan termotivasi.

Hadir dalam acara gebyar yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan, Camat Padang Ratu Candra Sukma, Bunda Paud Kecamatan Padang Ratu Debi Sintia Sukma, Himpaudi Kabupaten, Kepala Kampung Haduyang Ratu, bunda Paud Kampung se-Kecamatan Padang Ratu dan undangan. (Diskominfotik Lampung Tengah)

Share Post: