Kampung Rama Klandungan Resmi dicanangkan Sebagai Kampung Unggas

Kampung Rama Klandungan resmi dicanangkan sebagai Kampung Unggas dan dilaunching oleh Kepala Dinas Bunakan Kabupaten Lampung Tengah Ir. Kresna Rajasa pada hari ini kamis 22 juni 2023 hadir pada kesempatan tersebut perwakilan dari Dinas Kesehatan, Pendidikan, Pertanian, Sekcam Seputih Raman, Ketua TP PKK Kecamatan Seputih Raman, Kepala Kampung, dan Ketua TP PKK Kampung se-Kecamatan Seputih Raman.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Bunakan Ir. Kresna Rajasa mengatakan Kampung Rama Kelandungan termasuk dalam Kecamatan Seputih Raman yang memiliki populasi sapi 1.282 ekor, kambing 1.254 ekor, ayam kampung 62.256 ekor, mentok 2.950 ekor, itik 2.811 ekor dan burung merpati 284 ekor. secara garis besar perinsip pengembangan kampung unggas adalah:

1. Manajemen
Pengelolaan usaha peternakan secara kolektif dalam satu aturan menyangkut pelayanan teknis, pendampingan/pengawalan, ekonomis dan pemasaran.

2. Penguatan Pelayanan
Pemenuhan pelayanan teknis minimal dan kebutuhan pelayanan lainnya untuk meningkatkan produksi ternak dan daya saing peternakan. 

3. Penguatan Kelembagaan 
Membentuk organisasi kampung unggas untuk mewujudkan usaha peternakan yang berorientasi bisnis dan berbadan hukum.

4. Peningkatan SDM
Meningkatkan kemampuan pengurus dalam pengelolaan organisasi dan kewirausahaan, meningkatkan kemampuan peternak dalam mengakses informasi, ilmu pengetahuan, teknologi serta penguatan kendali produksi dan pasca produksi ternak.

5. Memenuhi Skala Usaha
Mengelola peternak skala kecil dengan kriteria populasi tertentu sebagai produsen yang diorganisasi berorientasi bisnis.

6. Kemandirian Usaha
Mendorong usaha peternakan menjadi usaha utama sebagai usaha pokok untuk kesejahteraan peternak.

7. Integasi Kewenangan
Dalam hal penganggaran diperlukan sinergi antara APBN, APBD Propinsi, APBD Kabupaten, Swasta, BUMN-D dan Masyarakat.

8. Pendampingan dan Pengawalan
Pendampingan dan pengawalan diperlukan untuk transfer informasi dan teknologi secara efektif dan efisien sesuai kondisi sfesifik daerah baik oleh perguruan tinggi setempat maupun instansi litbang daerah.

9. Multi Produk dan Komoditas
Produk yang dikembangkan tidak hanya komoditas utama peternakan saja melainkan bisa juga produk diluar peternakan. 

Kampung  Unggas ini merupakan gagasan dari Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Tengah Mardiana Musa Ahmad yang juga sebagai Ketua Umum FKWT Berjaya Kabupaten Lampung Tengah. (Diskominfotik Lampung Tengah)

  

Share Post: