Lampung Tengah Kembali Berhasil Meraih Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-6 Secara Berturut-turut

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad menghadiri penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan Pemkab Lampung Tengah Tahun 2023, di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Lampung, Jumat 3 Mei 2024, Bupati Musa Ahmad didampingi langsung Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)yakni Waka 1 Yulius Heri Susano, Sekda, Inspektur serta Kepala BPKAD. Selain Lampung Tengah, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh kepala daerah sembilan kabupaten dan dua kota se-Provinsi Lampung.

Dalam acara tersebut juga Kabupaten Lampung Tengah kembali berhasil meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang Ke 6 Secara berturut turut yang diserahkan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Lampung, Masmudi, S.E., M.Si.,CSFA.,CA.,Ak. kepada Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad dan Waka 1 DPRD Yulius Heri Susanto.

Dalam sambutannya Kepala BPK Perwakilan Provinsi Lampung, Masmudi, menyampaikan apresiasinya terhadap kabupaten/kota yang telah melaksanakan dan menyampaikan LHP atas laporan keuangan Tahun 2023 secara lengkap dan tertib.Untuk itu BPK Perwakilan Provinsi Lampung mengimbau seluruh Pemkab/Pemkot se-Provinsi Lampung untuk dapat memperbaiki kinerja untuk lebih baik lagi dibanding tahun lalu,” Untuk Laporan Pemeriksaan tahun ini yang dibagikan hari ini terdapat 11 Kabupaten Kota, dimana 5 Kabupaten yang mendapat Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP) dan 6 Kabupaten/Kota  yang mendapat Wajar Tanpa Pengecualian dengan Penekanan Suatu Hal ( WTP PSH). 

 

Usai Acara Bupati Musa Ahmad mengatakan diraihnya kembali opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) tahun ini, merupakan bukti komitmen Pemkab Lampung Tengah dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan serta transparansi keuangan daerah. Namun demikian, hasil laporan tersebut masih memberikan beberapa rekomendasi catatan untuk segera ditindaklanjuti selama 60 hari kedepan. Rekomendasi BPK tersebut menjadi landasan bagi Pemkab Lampung Tengah untuk terus membenahi penyelenggaraan pemerintahan serta meningkatkan kinerja laporan keuangan menjadi lebih baik. 

Musa Ahmad juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh OPD yang telah menyusun laporan keuangan serta BPKAD yang melakukan konsolidasi penyusunan LKPD Kabupaten Lampung Tengah sesuai ketentuan, Musa berharap agar opini WTP ini menjadi motivasi bagi para kepala perangkat daerah dan pengelola keuangan dan barang milik daerah untuk lebih meningkatkan akuntabilitas dan kepatuhan dalam pengelolaan keuangan dan aset daerah. (Diskominfotik Lampung Tengah)

Share Post: