Rapat Koordinasi Bunda Literasi Se-Provinsi Lampung dan Tim Literasi Provinsi Lampung

Bunda Literasi Kabupaten Lampung Tengah Mardiana Musa Ahmad menghadiri dan mengikuti acara Rapat Koordinasi Bunda Literasi se-Provinsi Lampung yang dibuka secara resmi oleh Bunda Literasi Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, bertempat di Hotel Emersia, Kamis (10/02), Bunda Literasi Provinsi Lampung menyoroti berbagai permasalahan literasi yang diihadapi di Provinsi Lampung.

Beberapa permasalahan tersebut diantaranya Indeks Literasi Provinsi Lampung yang masih sangat rendah, masih sulitnya masyarakat mendapatkan bahan bacaan terutama bagi masyarakat di wilayah pedesaan. Kemudian, akses masyarakat ke perpustakaan yang masih sangat terbatas karena keterbatasan Gedung Perpustakaan baik di tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan, maupun Desa/Kelurahan, serta generasi muda yang saat ini lebih memilih membaca media online dibandingkan membaca buku secara fisik. 

  

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Bunda Literasi Provinsi Lampung Riana Sari Arinal yang juga sebagai Ketua Umum Tim Literasi Provinsi Lampung mencoba menggagas beberapa Program Prioritas yang diharapkan dapat disinergikan dengan Tim Literasi Kabupaten/Kota. Program Prioritas tersebut diantaranya, Festival Literasi, Pemberian bantuan buku untuk Komunitas/Penggiat Literasi dan Menyelenggarakan Bimtek inklusi sosial untuk Perpustakaan Desa/Kelurahan. 

Sementara itu, Bunda Literasi Lampung Tengah saat mempresentasikan program literasi di Lampung Tengah mengatakan bahwa kegiatan literasi di Lampung Tengah sudah berjalan baik, bahkan di setiap kegiatan Bunga Kampung ( Bupati Ngantor di Kampung ) Mobil Pelayanan Perpustakaan pun ikut hadir untuk melayani dan mengkampanyekan gemar membaca kepada masyarakat. Ditambahkan Bunda Literasi Mardiana Musa Ahmad kedepan di Lampung Tengah akan dibentuk Tim Literasi Tingkat Kabupaten sampai Tingkat Kampung dengan menggandeng pemuda milenial dari berbagai profesi, guna menggerakkan dan mengkampanyekan gemar berliterasi kepada masyarakat. (Diskominfotik Kabupaten Lampung Tengah)

Share Post: