Bunda Mardiana Musa Ahmad Pimpin Rapat Pembahasan Bunda Literasi Budayakan Gemar Membaca 15 Menit Setiap Hari

Bunda Literasi Kabupaten Lampung Tengah pimpin rapat pembahasan Bunda Literasi budayakan gemar membaca 15 menit setiap hari ruang BJW. Senin, 14 Februari 2022. Hadir pada acara tersebut selain Bunda Literasi Kabupaten Lampung Tengah Mardiana Musa Ahmad, Kadis Perpustakaan Guntur Sosiawan, S.E., yang mewakili Bank Lampung, yang mewakili dari Lembaga Pemasyarakatan Lampung Tengah, OPD Terkait dan Bunda Literasi Kecamatan se-Lampung Tengah. 

  

Bunda Literasi Mardiana Musa Ahmad dalam sambutannya mengatakan Membaca adalah jendela dunia, dengan membaca apapun jenis bacaan entah buku novel, berita apapun akan menambah manfaat dalam diri seseorang membaca juga membuat kita bisa mengerti apa yang selama ini tidak dipahami. Membaca pada dasarnya perlu dipupuk disetiap rumah keluarga Indonesia, dimana perpustakaan keluarga sebuah upaya membangun pengetahuan bersama dalam keluarga, secara sederhana memang dipahami sebagai kemampuan dalam membaca dan menulis yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, membaca dapat diartikan sebagai proses menjadi satu pengertian dan menulis yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Membaca dapat diartikan sebagai proses penerjemahan bagai lambang sehingga diproses menjadi suatu pengertian literasi sangat banyak sekali manfaatnya salah satu keuntungan dari literasi itu diantaranya adalah dapat melatih diri untuk dapat lebih terbiasa dalam membaca salah satu cara yang sangat efektif untuk mendapatkan informasi adalah dengan membaca buku, koran, majalah dan lain sebagainya. Artinya bahwa membaca menjadi kegiatan utama untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Informasi ini berupa ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya namun harus diakui bahwa kegiatan membaca belum menjadi hal yang menarik bagi sebagian besar masyarakat. 

Lebih lanjut dikatakan bunda Literasi Mardiana Musa Ahmad mengatakan untuk mewujudkan gemar membaca dalam keluarga perlu adanya tim literasi, sosialisasi kepada masyarakat dan anjuran setiap keluarga memiliki perpustakaan keluarga dengan buku dan sarana yang ada di rumah serta gerakan tim literasi Kabupaten, Kecamatan maupun Kampung. Kabupaten Lampung Tengah memiliki kepala keluarga 468. 333 jika 15% dari KK yang membudayakan gemar membaca maka akan ada 70.249 perpustakaan keluarga di Lampung Tengah. (Diskominfotik kbaupaten Lampung Tengah)

Share Post: