Bupati Lamteng Menghadiri Acara Pelantikan dan Pembekalan Panwascam se-Kabupaten Lampung Tengah

Bupati Lampung Tengah menghadiri acara Pelantikan dan Pembekalan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan se-Kabupaten Lampung Tengah pada Pemilu serentak 2024 di Hotel BBC Bandar Jaya pada Jumat 28 Oktober 2022. Dalam kesempatan tersebut hadir Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Forkopimda, Ketua KPU, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Perangkag Daerah terkait, Camat serta tamu undangan. 

Ketua Badan Pengawas Pemilhan Umum Kabupaten Lampung Tengah Harmono dalam laporannya menjelaskan, bahwa anggota Panwascam yang dilantik saat ini sebanyak 84 orang, yang nantinya ditempatkan masing-masing kecamatan 3 orang. Harmono berpesan untuk menjaga netralitas, "jangan sampai masyarakat menganggap kita tidak netral. Panwascam adalah garda terdepan dalam pengawasan tahapan pemilu 2024, Tugas utama kita adalah pencegahan, awasi dan baru ditindak, sekarang ini yang lagi tren adalah money politik, isu hoaks, kritik identitas, dan lain-lain. Lakukan sosialisasi sebaik-baiknya kepada masyarakat, agar itu semua tidak terjadi," pungkasnya. 

 

Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Iskardo P. Panggar mengucapakan selamat atas di lantiknya Panwascam se-Lampung Tengah pada hari ini. Iskardo juga mengatakan panwascam salah satu badan  berperan menjaga pemilu yang aman, sehingga tidak ada kecurangan, karena tanpa pengawas, dipastikan pemilu yang berlangsung tidak akan berjalan dengan baik, Pihaknya mengimbau agar Panwascam dapat menjalin kerja sama yang baik dengan stakeholder lainnya. "Jalin kerja sama yang baik, tetap koordinasi, bekerja dengan iklas, yang terpenting selalu ikuti peraturan yang telah ditetapkan," tuturnya. Bawaslu Provinsi Lampung mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Lampung Tengah yang sudah berkalaborasi dengan baik bersama Bawaslu Lampung Tengah dimana Pemkab Lampung Tengah Memberikan Hibah Tanah dan Bangunan untuk Bawaslu Kabupaten Lampung Tengah. 

 

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah janji bukanlah sekedar acara seremonial, melainkan mengundang makna sebuah pengukuhan terhadap tugas dan amanat yang telah dipercayakan oleh negara, sehingga amanat tersebut diterima dengan rasa penuh tanggung jawab disertai dedikasi yang tinggi, untuk mewujudkan pengawas pemilu yang memiliki solidaritas, integritas, mentalitas dan profesionalitas. 

Sebagai Anggota Panwas Kecamatan, sebut Bupati, harus memperhatikan atau menjunjung tinggi martabat profesi, serta selalu menjalin hubungan yang erat antar organisasi. Salah satu kunci kesuksesan dan keberhasilan penyelenggaraan pemilu, adalah kemampuan panwascam dalam menjalin hubungan yang baik dengan Forkopimcam, tokoh Masyarakat, Agama dan Anggota Partai politik dll. di wilayahnya. Bupati juga atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah memberikan Hibah berupa Tanah dan Bangunan untuk dipergunakan oleh Bawaslu Kabupaten Lampung Tengah.

Share Post: