Drs. Kusuma Riyadi, M.M. Membuka Resmi Pembinaan Statistik Sektoral Lamteng dan Desa Cantik 2024

Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), Drs. Kusuma Riyadi, M.M. mewakili Bupati Lamteng membuka secara resmi kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral Lamteng dan Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) Tahun 2024, kegiatan yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik Lamteng ini dihadiri Staf Ahli Bupati Lamteng, Zulfikar Irwan dan Para Perangkat Daerah terkait di lingkungan Pemkab Lamteng. Bertempat di Aula Bapedda Lamteng. Selasa (30/4/2024).

Tri Kuncoro, Kepala BPS Lamteng dalam sambutannya mengatakan, program Desa Cantik ini merupakan bentuk tanggung jawab BPS dalam melakukan pembinaan statistik sektoral, sebagaimana tertuang dalam UU No. 16 Tahun 1997 tentang statistik. Program Desa Cantik ini juga sejalan dengan semangat satu data Indonesia yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan, dimana diharapkan melalui program Desa Cantik ini dapat mengoptimalkan sistem informasi desa berbasis masyarakat.

Secara umum, program Desa Cantik yang dirancang oleh BPS secara umum bertujuan untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Sedangkan secara khusus, Program Desa Cantik ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desa/kelurahan dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki desa dalam rangka mendukung pengentasan kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi inklusif.

 

 

Sementara itu, Pj. Sekda Lamteng Drs. Kusuma Riyadi, M.M. dalam sambutannya mengatakan, kita harus sepakat, bahwa desa merupakan ujung tombak pembangunan nasional, kebijakan disentralisasi dan otonomi daerah memberikan kesempatan bagi pemerintah desa atau kelurahan untuk membangun desa dengan kemandirian pemerintah desa atau kelurahan menjadi penyelenggara kegiatan statistik diwilayahnya.

Lebih lanjut, belia berharap dengan adanya desa cantik yang merupakan inisiasi dari BPS ini, dapat meningkatkan kesadaran dan sifat proaktif perangkat desa atau kelurahan sebagai subjek pembangunan bangsa, sehingga dengan adanya program desa cantik akan mempermudah ketersediaan data di setiap desa. Rangkaian kegiatan ditutup dengan penyerahan penghargaan oleh Pj. Sekda Lamteng, Drs. Kusuma Riyadi didampingi Kepala BPS Lamteng, Tri Kuncoro dan Staf Ahli Lamteng, Zulfikar Irwan kepada Dinas Kesehatan Lamteng, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura, Kampung Kesuma Jaya Kecamatan Bekri, Kampung Sidodadi Kecamatan Bangun Rejo, Kampung Pajar Mataram Kecamatan Seputih Mataram, Kampung Gunung Batin Udik Kecamatan Terusan Nunyai dan Agen Statistik di Lingkungan Pemkab Lamteng. (Diskominfotik Lampung Tengah)

Share Post: