Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ke-16 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi)

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad yang diwakili oleh Asisten Bidang Adminstrasi Umum Eko Dian Susanto hadir dalam acara rapat kerja nasional (Rakernas) ke-16 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 10 Juli 2024, dalam acara pembukaan ini, Jokowi turut didampingi Ketua Apkasi, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Koperasi dan UKM dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, selain itu Hadir mendampingi Asisten Adm Umum yakni Kepala Bappeda, Kepala BKPSDM, Kadis PMPTSP, Kadis Kominfotik, Kadis Bunak dan Perikanan, Kadis Dikbud, Kadis Perindustrian, Kadis Koperasi dan UMKM, serta kadis Porapar. Selain rakernas, Apkasi turut menyelenggarakan Otonomi Expo dan Procurement Network.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan 5 tahun ke belakang adalah periode yang sangat sulit dan penuh tantangan. Mulai dari hantaman pandemi Covid-19, perkembangan geopolitik dunia, hingga gelombang El Nino dan La. Jokowi mengungkapkan, masyarakat Indonesia patut bersyukur karena mampu bertahan dari hambatan dan tantangan tersebut, terlebih ekonomi Indonesia masih tumbuh sebesar 5,1% pada kuartal I 2024. "Sangat sulit sekarang ini Negara-negara bertahan dengan growth di atas 5%," ungkapnya.

 

Jokowi menjelaskan, saat ini kompetisi antar negara di dunia bukan dilihat dari negara besar mengalahkan negara kecil, tetapi negara cepat mengalahkan negara lambat. Setelah mengarungi 5 tahun, ini jadi pengalaman kita bersama, betapa kita semakin matang, betapa kita semakin dewasa, semakin pintar mengelola daerah kabupaten, provinsi, mengelola negara, mengelola keuangannya, dalam mengambil kebijakannya mengelola anggaran. (Diskominfotik Lampung Tengah)

Share Post: