Rapat Evaluasi Intervensi Serentak Pencegahan Stunting (ISPS)

Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Lampung Tengah melaksanakan kegiatan Rapat Evaluasi Intervensi Serentak Pencegahan Stunting (ISPS) selama bulan Juni 2024, melalui Zoom Meeting. Bertempat di Ruang Rapat SekdaKab. Lampung Tengah,  Senin, (8/7/2024). Rapat tersebut dipimpin oleh Kepala Bappeda Imam Fakturoji, yang dihadiri oleh Kepala Dinas PMK Fathul Arifin, Kepala dinas PKP2CK Venny Librianto, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana I nyoman Gunadi, Perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Tengah, serta perwakilan unsur OPD yang tergabung dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Lampung Tengah. 

  

Intervensi serentakan pencegahan stunting di Kabupaten Lampung Tengah dilaksanakan pada tanggal 7, 8 dan 9 Juni 2024 pelaksanaan dilakukan di 311 kampung dengan menggunakan data sasaran real sebesar 82.517 balita yang tersebar pada 1463 posyandu, data sasaran ibu hamil sebesar 5.125, data sasaran calon pengantin sebesar 1054. 

Gerakan pengukuran dan intervensi serentak dilaksanakan mendadak, adanya perubahan jadwal posyandu dari jadwal biasanya. Hal ini dilakukan untuk mengikuti timeline pelaksanaan pengukuran dan intervensi serentak. Masih ada wilayah di Kabupaten Lampung Tengah yang terkendala signal internet saat entry data ke aplikasi PPGBM, perbedaan data sasaran antara pusdatin disdukcapil, dan sasaran real. Sebagian besar calon pengantin dan ibu hamil sudah datang memeriksakan diri ke faskes sehingga tidak hadir ke posyandu saat interferensi serentak. Calon pengantin dan ibu hamil yang bekerja tidak dapat hadir pada kegiatan intervensi serentak, sehingga tertunda dan harus dilakukan sweeping jemput bola. (Diskominfotik Lampung Tengah)

Share Post: