Pemkab Lampung Tengah Menjalani Penilaian Tahap II PPD 2024 Yang Dilaksanakan Oleh Bappenas

Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah menjalani Penilaian Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024 yang dilaksanakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas). Kabupaten Lampung Tengah masuk dalam 10 besar Nasional Kabupaten yang yang menjalani Penilaian Tahap II PPD ini. 

Rangkaian kegiatan penilaian berlangsung dua hari tanggal 18 - 19 Maret 2024. Untuk kegiatan verifikasi lapangan dipusatkan di Kampung Pujokerto Kecamatan Trimurejo dilaksanalan pada 19 Maret 2024. Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Ekonomi Pembangunan Drs. Rusmadi, M.M., Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lamteng Imam Fatkuroji, S.STP., M.I.P., Kepala OPD terkait, Camat Trimurjo Suparyono dan stakeholder terkait lainnya. 

Sementara Tim penilai yang hadir yaitu Tim Penilai Independen, Prof. Dr. Ir. Hermanto Siregar, M.Ec., Tim penilai Utama, Dr. Ir. Yahya Rachmana Hidayat, M.Sc., Tim Penilai Teknis, Andreas Rudika Ardiyanto, S.Si., Sekretariat Ir. Syahrial Loetan, MCP (Manajer sekretariat PPD), dan Muhammad Reffo. Tim penilai memulai tinjauan ke lapangan di titik Balai Kampung Pujokerto, dimana tengah berlangsung pelaksanaaan program unggulan Lampung Tengah yaitu Bunga Kampung yang sudah dikembangkan menjadi Bunga Kampung Mekar di dusun. Berbagai pelayanan publik mulai dari layanan perizinan, pembayaran pajak, administrasi kependudukan, pelayanan kesehatan reproduksi, pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, layanan pajak kendaraan bermotor, layanan SIM, donor darah, layanan perbankan dan lain lain.

 

Kemudian peninjauan dilanjutkan ke titik selanjutnya yaitu Puskesmas Pujokerto yang sedang berlangsung pelayanan kesehatan, dan dilanjutkan dengan melihat pelayanan posbindu, PMI, UPTD Pendidikan dan Gapoktan. Disisi lain Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lamteng Imam Fatkuroji, S.STP., M.I.P. optimis Lampung Tengah bisa mendapat hasil maksimal dari Penilaian tahap II PPD ini. "Kita sudah mempersiapkan secara maksimal dan optimis akan hasil positif yang akan diterima," ujar Imam.

Tim Penilai tahap II PPD yang diwakili oleh Ir. Syahrial Loetan menyatakan bahwa PPD ini merupakan kegiatan tahunan yang bukan hanya sebuah acara cermonial namun bisa memberikan dampak yang luas untuk mempercepat pembangunan demi mensejahterakan masyarakat. Beliau mengatakan Lampung Tengah termasuk sangat baik karena masuk di 10 besar dari 500 Kabupaten. "Lampung Tengah saya lihat cukup baik saya apresiasi disini masyarakat bisa langsung membuat KTP, KK, perizinan di satu lokasi," ujar Syahrial. 

 

Sementara itu Asisten Ekbang, Drs. Rusmadi, M.M. mewakili Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad, S.Sos., M.M. dalam pernyataan nya mengatakan Program Bunga Kampung yang menjadi salah satu program unggulan di Kabupaten Lampung Tengah juga menjadi bahan penilaian Tim PPD dan program ini sangat membantu masyarakat karena masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan tanpa harus jauh-jauh ke ibu kota kabupaten. (Diskominfotik Lampung Tengah)

Share Post: