Pemkab Lampung Tengah Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024

Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah Menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 di Lapangan Merdeka Gunung Sugih, Selasa (1/10/2024). Upacara ini berlangsung khidmat dengan dihadiri Pj. Sekdakab Lampung Tengah Drs. Kusuma Riyadi, M.M., Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah Lampung Tengah, Unsur Forkopimda serta dinas terkait, TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN).

Untuk bertindak selaku Inspektur Upacara, yaitu Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M., bertindak selaku perwira upacara Danramil 0411/12 Gunung Sugih, Kapten Infanteri Suprobo, untuk Komandan Upacara Letda Infanteri Edi Sunggono Pjs. Danramil Padang Ratu. Seusai upacara, Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., M.Si., M.M. mengungkapkan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus menjadi momentum penting bagi seluruh elemen bangsa. Dirinya menekankan pentingnya mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dan seluruh sila-silanya dalam kehidupan sehari-hari, sebagai bentuk penguatan persatuan dan kesatuan bangsa.

 

 

“Momentum ini adalah pengingat bagi kita semua untuk menjadikan Pancasila sebagai landasan dalam bersikap dan bertindak, baik dalam kehidupan sosial, berbangsa, maupun bernegara. Pancasila adalah perekat yang mempersatukan kita sebagai sebuah bangsa yang besar,” ungkap Kapolres. Lebih lanjut, Kapolres Lampung Tengah AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., M.Si., M.M. mengajak seluruh masyarakat Lampung Tengah untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan revolusi yang gugur dalam mempertahankan ideologi bangsa. Menurutnya, pengorbanan mereka harus menjadi motivasi untuk terus menjaga Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia.

“Para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan Pancasila adalah contoh nyata dedikasi dan pengorbanan bagi bangsa. Kita harus senantiasa menghormati jasa-jasa mereka dan menjaga Pancasila sebagai dasar dari kehidupan bernegara kita,” lanjut Kapolres. Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momen refleksi penting untuk terus memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terlebih di tengah dinamika politik menjelang Pilkada serentak nanti. (Diskominfotik Lampung Tengah)

Share Post: