Drs. Eko Diansusanto, M.I.P. Membuka Resmi Forum Konsultasi Publik Dalam Rangka Penyusunan RKPD Lampung Tengah Tahun 2025

Asisten Administrasi Umum, Drs. Eko Diansusanto, M.I.P. mewakili Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad, S.Sos., M.M. membuka secara resmi forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Lampung Tengah tahun 2025. Selasa, 20 Februari 2024, di BBC Hotel Bandar Jaya Kec. Terbanggi Besar. Hadir dalam kegiatan tersebut para Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah, dan dinas terkait.

Drs. Eko Diansusanto, M.I.P. menyampaikan RKPD merupakan penjabaran tahunan RPJMD yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan untuk jangka waktu satu tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJMD Kabupaten Lampung Tengah tahun 2021-2026, RKP pusat dan RKPD Provinsi Lampung tahun 2025 serta program strategis nasional dan program Strategis Provinsi Lampung tahun 2025.

Dalam RPJMD Kabupaten Lampung Tengah tahun 2021 sampai 2026 haluan kebijakan pada tahun 2025 telah ditetapkan pada upaya penguatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat didukung pelayanan publik yang berkualitas sedangkan prioritas yang diarahkan pada:
1. Penguatan pertumbuhan dan ketahanan ekonomi daerah dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup.
2. Pemantapan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing dan pengurangan kemiskinan.
3. Penguatan stabilitas wilayah untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmonis dan berbudaya.
4. Pemerataan infrastruktur yang berkualitas.
5. Pengembangan tata kelola pemerintahan yang terbuka dan responsif.

Haluan kebijakan dan prioritas Kabupaten Lampung Tengah tahun 2025 selaras dengan prioritas nasional dan 7 prioritas pembangunan Provinsi Lampung. Sebagaimana diamatkan dalam Permendagri nomor 86 tahun 2017, penyusunan RKPD tahun 2023 mencakup diantaranya analisis kapasitas daerah telah dokumen RPJMD, pokok-pokok pikiran DPRD, rumusan prioritas pembangunan dan rencana kerja program daerah. Dalam penyusunan rancangan awal RKPD diharapkan DPRD memberikan saran dan pendapat berupa pokok-pokok pikiran DPRD berdasarkan hasil krisis dan penjaringan aspirasi masyarakat sebagai bahan perumusan kegiatan, lokasi kegiatan dan kelompok sasaran yang selaras dengan pencapaian sasaran pembangunan yang telah ditetapkan dalam pengaturan daerah tentang RPJMD.

Lampung Tengah memiliki potensi dan lokasi yang sangat strategis dan terdapat beberapa program strategis nasional maupun Provinsi Lampung yang dilaksanakan di Kabupaten Lampung Tengah, Oleh karena itu saya berharap bahwa program-program tersebut dapat terlaksana dengan baik dan dapat memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat Lampung Tengah. (Diskominfotik Lampung Tengah)

 

 

Share Post: