Bupati Musa Ahmad, S.Sos., M.M. Bersilaturahmi dan Rakor Dengan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) se-Lampung Tengah

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad, S.Sos., M.M. yang juga sebagai Ketua Umum Petani Pemakai Air P3A menghadiri Silaturahmi dan Rapat Koordinasi dengan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) se-Lampung Tengah. Acara tersebut berlangsung di UPTD SDA Kec. Bekri, Senin 9/9/2024. Hadir dalam rakor tersebut, Staf Ahli Bupati, para Asisten, Para Kepala Perangkat daerah, para pejabat Tinggi Pratama dan dinas terkait.

Kepala dinas SDA Lampung Tengah Sulaiman, S.T., M.M. dalam laporanya menyampaikan, bahwa Dinas Sumber Daya Air sebagai pengelola sumber daya air yang ada di Kabupaten Lampung Tengah ini selalu support tanpa henti air yang bersumber dari hulu ke para P3A (kecuali musim kering) dan berupaya adil dalam pembagian sehingga terciptanya kestabilan pengelolaan masa tanam dan pola tanam di Lampung Tengah.

 

 

Ke depan dengan proyek perubahan ini insya Allah air yang hilang akibat pemborosan akibat kurang pengelolaannya dapat kita benahi sehingga Renstra 2026 dari 43% ke 95% serapan akan bertambah dengan baik dan tepat guna ditambah lagi dengan rencana pembangunan daerah irigasi baru oleh dinas sumber daya air Provinsi Lampung yang sampai saat ini baru tahap pendahuluan dan tahap studi kelayakan di 5 UPTD rencananya belasan daerah irigasi baru yang ada di Kabupaten Lampung Tengah.

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad, S.Sos., M.M. selaku Ketua Umum P3A merasa bahagia bisa hadir dan bertatap muka dengan bapak/ibu sekalian untuk bersilaturahmi dan berdiskusi dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Lampung Tengah. Serta beberapa Trobosan Bupati Lamteng di beberapa sektor yang diantaranya sektor Pertanian, Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pelayanan Publik.

Seperti yang kita ketahui, pertanian merupakan sektor yang penting bagi keberlangsungan hidup masyarakat. Mulai dari pemerintah pusat sampai desa, ketahanan pangan menjadi topik pokok yang harus dijaga oleh pemerintah daerah guna memberikan pertahanan dalam bentuk pangan untuk masyarakat. Masalah pangan adalah masalah hidup dan mati, oleh karena itu ketahanan pangan harus terus kita upayakan sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Lampung Tengah sebagai lumbung pangan bagi masyarakat Lampung Tengah.

Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah terus mendukung dan memberikan fasilitas bagi petani agar program ketahanan pangan di Kabupaten Lampung Tengah dapat berjalan dengan baik. Saya mengucapkan terima kasih atas kinerja para petani di Kabupaten Lampung Tengah yang telah berkontribusi dalam upaya penyediaan pangan di Kabupaten Lampung Tengah sehingga dapat mencapai hasil yang melimpah.

Sementara itu Kadis Ketahanan Pangan dan Holtikultura Jumali, M.I.P. akan membagikan 300 pompa air yang siap disalurkan ke Kelompok Tani di Lamteng, dengan tujuan untuk penambahan indeks pertama, karena kita dapat beban ini sampai dengan tahun 2024. Produksi kita harus mencapai 648.000 ton gabah makanya kita kejar pakai pompa air itu. (Diskominfotik Lampung Tengah)

Share Post: