[HOAKS] Wapres Kita Berdosa Jika Melihat Tetangga Kelaparan Tapi Pemimpin Tidak Berdosa Kalau Rakyatnya Kelaparan



Penjelasan :

Sebuah akun media Facebook diketahui mengunggah gambar tampilan layar dari media daring Republika berupa artikel berjudul “Wapres Kita Berdosa Jika Melihat Tetangga Kelaparan Tapi Pemimpin Tidak Berdosa Kalau Rakyatnya Kelaparan” yang ditulis oleh Reporter, Fauziah Mursid dengan Redaktur, Muhammad Hafil pada Selasa, 28 April 2020, Pukul 13.31 WIB.

Faktanya, hasil tangkapan layar pada media Republika tersebut telah diedit atau diubah pada bagian judulnya. Adapun hasil penelusuran pada laman indeks berita republika.co.id, diketahui judul artikel asli  yang tayang pada Selasa, 28 April 2020, Pukul 13.31 WIB adalah “Wapres: Kita Berdosa Jika Biarkan Tetangga Tidak Makan. Dalam artikel “Wapres: Kita Berdosa Jika Biarkan Tetangga Tidak Makan” tidak ditemukan pernyataan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang mengatakan pemimpin tidak berdosa kalau rakyatnya kelaparan.


Link Counter :

https://republika.co.id/berita/q9hjfs430/wapres-kita-berdosa-jika-biarkan-tetangga-tidak-makan?fbclid=IwAR0dCLzKb4XmSh4WOfdj-84zy-YowRLFVIrzHhfQomLJXFxPV2pwmIrKS5w

https://www.facebook.com/MafindoID/posts/1781175448688752