Nirlan, S.H., M.M. Pimpin Rakor HLM dan Evaluasi Pelaksanaan ETPD

Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah, Nirlan, S.H., M.M. membuka sekaligus pimpin Rakor High Level Meeting (HLM) dan Evaluasi pelaksanaan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Kabupaten Lampung Tengah, tahun 2023 di Ruang Rapat Sekdakab Lampung Tengah, Kamis (7/12/2023). Hadir dalam kegiatan tersebut, Para Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah, Para Kepala Bagian dan dinas terkait.

Kegiatan ini bertujuan untuk tercapainya pemahaman yang sama tentang pengelolaan pendapatan asli daerah, regulasi, potensi, upaya pemungutan serta upaya penyelesaian permasalahan dalam pengelolaan pendapatan asli daerah, serta adanya evaluasi atas pengelolaan pendapatan asli daerah dan meningkatnya motivasi dalam pencapaian target PAD, dan pemahan yang sama semua perangkat daerah tentang pentingnya elektronifikasi transaksi pemerintah daerah sebagai program nasional yang harus dilaksanakan dalam upaya meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Keuangan Daerah, serta percepatan implementasi digitalisasi transaksi keuangan daerah baik dalam pengelolaan penerimaan maupun belanja pada semua perangkat daerah sehingga Kabupaten Lampung Tengah memenuhi target sebagai Kabupaten Digital.

 

Pada kesempatan tersebut, Nirlan, S.H., M.M. menyampaikan apresiasi positif, atas terlaksananya kegiatan ini sebagai bentuk upaya penyamaan persepsi agar pelaksanaan dan pelaporan realisasi pendapatan daerah dapat berjalan dengan lebih baik. “Saya harap forum ini juga kita manfaatkan sebagai sarana komunikasi untuk mengklarifikasi berbagai hal yang dirasa masih belum jelas agar terbuka secara terang benderang”. 

Lebih lanjut , Nirlan, S.H., M.M. mengungkapkan Salah satu sektor PAD yang perlu mendapatkan perhatian serius selain Pajak Daerah, Hasil Pengelolaan Kekayaan dan Pendapatan Daerah Lainnya adalah Pengelolaan Retribusi. Para OPD diharapkan bekerja keras dan sungguh-sungguh agar dapat memberikan hasil maksimal, baik dalam pelayanan umum kepada masyarakat maupun jasa usaha yang menghasilkan benefit sebagai salah satu sumber pendapatan daerah dalam melaksanakan pembangunan. Untuk itu, Saya minta dengan dikoordinir Kepala OPD selaku pimpinan unit kerja segera lakukan pembenahan dan terobosan-terobosan dalam mencapai upaya tersebut. Maksimalkan potensi yang dimiliki, atur perencanaan dan strategi secara akurat serta buat inovasi-inovasi. 

 

Oleh karenanya pada kesempatan rapat koordinasi hari ini, mari kita diskusikan bersama untuk menghasilkan solusi terbaik”, Ujarnya. Ia berpesan agar meningkatkan kapasitas SDM pelaksananya sehingga mampu memberikan pelayanan secara prima bagi penerima layanan dan juga meningkatkan kesiapan sarana dan prasarana maupun aset yang dimiliki untuk memberikan daya tarik agar mampu menambah jumlah pemakaian dan memberikan kepuasan bagi masyarakat, maka kepada seluruh OPD agar segera menerapkan transaksi secara elektronik guna meningkatkan tata kelola keuangannya serta memberikan kemudahan kepada masyakat luas dalam melakukan pembayaran. (Diskominfotik Lampung Tengah)

Share Post: