SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA SEKRETARIS DAERAH DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH



PENGUMUMAN
Nomor: 02/PANSEL-JPTP/LT/2020

TENTANG
SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA
SEKRETARIS DAERAH DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

 

Dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah, sesuai dengan :

  1. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil;
  3. Surat Kementerian Dalam Negeri Nomor : 800/1290/OTDA Tanggal 2 Maret 2020 tentang Persetujuan Pelaksanaan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah;
  4. Surat Ketua Komisi ASN Nomor: B-746/KASN/03/2020 Tanggal 4 Maret 2020 hal Rekomendasi Rencana Seleksi Terbuka JPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah;
  5. Surat Keputusan Bupati Lampung Tengah Nomor : 0230/KPTS/B.a.VII.04/2020 Tanggal 17 Februari 2020 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Sekretaris Daerah) Kabupaten Lampung Tengah.

Dengan ini kami mengundang Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi terbuka Pengisian JPT Pratama Sekretaris Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dengan ketentuan, jadwal dan tahapan  sebagai berikut :

  1. Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) yang akan diisi :
    Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah.
  2. Persyaratan :

 

  1. Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Provinsi atau Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung;
  2. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah sarjana atau diploma IV;
  3. Memiliki Pangkat/Golongan Ruang serendah-rendahnya Pembina Tk. I (IV/b);
  4. Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai Standar Kompetensi Jabatan yang ditetapkan;
  5. Mendapat izin dari Pejabat Pembina Kepegawaian (Gubernur/Bupati/Walikota);
  6. Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan di duduki secara kumulatif paling singkat selama 5 (lima) tahun;
  7. Sedang atau pernah menduduki Jabatan administrator atau Jabatan Fungsional jenjang Ahli Madya paling singkat 2(dua) tahun;
  8. Usia paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun pada saat pelantikan;
  9. Memiliki rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas yang baik;
  10. Semua unsur Penilaian Prestasi Kerja atau Sasaran Kerja Pegawai (SKP) sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir;
  11. Tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang dan atau tingkat berat, serta tidak sedang menjalani hukuman disiplin atau tidak dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin;
  12. Sehat Jasmani, Rohani dan Bebas Narkoba.
     

 

  1. TATA CARA PENDAFTARAN

Surat Lamaran ditujukan kepada Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut:

  1. Surat lamaran yang ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam dan bermaterai Rp. 6000 ditujukan kepada Panitia Seleksi (Lampiran A);
  2. Daftar riwayat hidup sesuai dengan format Peraturan Kepala BKN No.13 tahun 2006 (Lampiran B);
  3. Pernyataan Pakta Integritas dan bermaterai Rp. 6000 yang ditandatangani (Lampiran C);
  4. Surat Rekomendasi/Izin dari Pejabat Pembina Kepegawaian Asli dan Fotocopy (Lampiran D);
  5. Fotocopy e-KTP;
  6. Fotocopy Ijazah terakhir yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
  7. Foto copy SK jabatan yang pernah/sedang diduduki yang dilegalisir;
  8. Foto copy SK CPNS, SK PNS dan SK pangkat terakhir yang dilegalisir;
  9. Foto copy Sertifikat diklat-diklat  Kepemimpinan  (apabila ada) yang dilegalisir ;
  10. Foto copy Sertifikat diklat teknis maupun fungsional (apabila ada) yang dilegalisir ;
  11. Foto copy Hasil Penilaian Prestasi Kerja PNS 2 tahun terakhir (termasuk SKP dan Penilaian SKP) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 yang ketentuan pelaksanaannya diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 1 Tahun 2013 yang dilegalisir;
  12. Fotocopy NPWP yang dilegalisir;
  13. Fotocopy SPT tahun terakhir yang dilegalisir;
  14. Fotocopy bukti Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara e-LHKPN tahun terakhir;
  15. Menyerahkan pokok-pokok pikiran dalam bentuk makalah sesuai dengan sistematika penulisan yang telah ditentukan serta soft copy presentasi dalam bentuk power point;
  16. Pasphoto terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 lembar dengan latar belakang warna merah;
  17. Surat Keterangan Kesehatan dari Rumah Sakit Pemerintah;
  18. Surat Keterangan Hasil Tes Kejiwaaan dari Rumah Sakit Jiwa Pemerintah/Swasta yang berwenang;
  19. Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah;
  20. Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
  21. Surat Pernyataan tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang dan atau tingkat berat, serta tidak sedang menjalani hukuman disiplin atau tidak dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 yang diterbitkan oleh Inspektorat/APIP;
  22. Surat/berkas lamaran tersebut dibuat dalam 3 (tiga) rangkap dimasukkan kedalam masing-masing map dan dimasukkan dalam amplop besar ukuran folio warna coklat polos, sedangkan pada sudut kiri atas amplop dituliskan Nama/Identitas Pelamar dan Jabatan yang dilamar;
  23. Pada sudut kanan bawah amplop dituliskan:

Kepada Yth:

Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah.

d/a: Sekretariat Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Lampung Tengah Jalan Hi. Muhtar No 3 Komplek Perkantoran Pemda Kabupaten Lampung Tengah.

  1. KETENTUAN LAIN
  1. Berkas lamaran/administrasi yang akan diproses adalah berkas yang sudah lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
  2. Bagi pelamar yang tidak memenuhi syarat seleksi administrasi, berkas lamaran tidak dikembalikan dan menjadi arsip Panitia Seleksi;
  3. Surat lamaran beserta dokumen persyaratan administrasi disusun rapi dan diurutkan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, disampaikan secara langsung pada hari dan jam kerja di Sekretariat Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten LampungTengah Jalan Hi. Muhtar No 3 Komplek Perkantoran Pemda Kabupaten Lampung Tengah;
  4. Keputusan Panitia Seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;
  5. Dalam seleksi ini peserta tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun;
  6. Apabila dikemudian hari diketahui pelamar memberikan data/keterangan tidak benar, maka Panitia Seleksi berhak membatalkan hasil seleksi;
  7. Informasi lebih lengkap dapat menghubungi Sekretariat Pansel di BKPSDM Kab. Lampung Tengah dan atau Web Site Kabupaten Lampung Tengah: http://lampungtengahkab.go.id
  8. Makalah disusun dengan Sistematika dan penulisannya sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) sebagai berikut:
  • Diketik dengan menggunakan font Arial size 12, spasi 1.5, maksimal 25 halaman dan dicetak menggunakan kertas ukuran A4 80 gram;
  • Margin Atas 4, margin kiri 4, margin kanan 3, margin bawah 3.
  • Sistematika penulisan sebagai berikut :

Bab I Pendahuluan

    1. Latar belakang penyusunan makalah
    2. Tujuan penyusunan makalah

Bab II Visi, Misi dan Rencana Strategi dan Program OPD/JPTP, berisikan :

  • Tugas Pokok dan Fungsi Sekretaris Daerah
  • Gambaran umum Kabupaten Lampung Tengah
  • Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah
  • Penerapan semangat gotong royong yang digariskan oleh Bupati
  • Isu Strategis Pembangunan di Kabupaten Lampung Tengah

Bab III Pokok-pokok Pikiran JPTP

  1. Rumusan strategi, kebijakan dan program untuk menjabarkan visi dan misi RPJMD Kabupaten Lampung Tengah
  2. Strategi Sekretaris Daerah selaku pejabat yang berwenang untuk menyusun manajemen ASN sesuai kebutuhan organisasi dan merit sistem
  3. Upaya membangun sinergi antar OPD/Instansi Sebagai Implementasi semangat gotong royong
  4. Strategi Sekretaris Daerah  untuk meningkatkan peran dan fungsi TAPD
  5. Strategi Advokasi Kebijakan Otonomi Daerah Yang Tepat sesuai dengan kondisi daerah
  6. Strategi dan Kebijakan Untuk Memimpin Perubahan Pada OPD dan/atau Memotivasi OPD lainnya untuk melakukan Inovasi

Bab IV Kesimpulan

Catatan : - Makalah dibuat dalam rangkap 7 (tujuh)


Untuk pengumuman lengkap dan lampiran, silahkan download link dibawah !

  1. Pengumuman.
  2. Lampiran surat lamaran.
  3. Lampiran riwayat hidup.
  4. Lampiran pakta integritas.
  5. Lampiran persetujuan PPK.