[DISNFORMASI] Baru Sekali Ini Seorang Gubernur Mendapat Kunjungan 40 Duta Besar



Penjelasan :

Beredar sebuah tangkapan layar foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan beberapa orang di media sosial Facebook. Unggahan tersebut disertai narasi, “Sejak Indonesia merdeka hingga sekarang, baru sekali ini seorang GUBERNUR mendapat kunjungan 40 Duta besar di dunia, tanpa di undang….". Pengunggah juga menambahkan pertanyaan “KAN #AniesKeren ????,” pada unggahannya.

Dikutip dari turnbackhoax.id foto tersebut memang benar yaitu foto Gubernur Anies dengan 40 Duta Besar (Dubes) diantaranya berasal dari negara Kawasan Afrika, Amerika Latin dan Timur Tengah yang diambil di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis, 11 April 2019. Foto tersebut mirip dengan foto karya Jurnalis Tribun News, Pebby Ade Liana pada artikel bertajuk “Terima Dubes 40 Negara, Anies Baswedan Dicurhati Pelayanan Transjakarta.” Namun klaim yang mengatakan Gubernur Anies mendapat kunjungan dari 40 Dubes ini tanpa diundang adalah salah.


Link Counter :

https://turnbackhoax.id/2020/05/01/salah-sejak-indonesia-merdeka-baru-gubernur-anies-yang-dikunjungi-40-dubes-tanpa-diundang/

https://www.suara.com/news/2020/05/02/184603/cek-fakta-baru-anies-yang-dikunjungi-40-dubes-sejak-indonesia-merdeka