[DISINFORMASI] Pembatalan Keberangkatan Haji karena Dananya Sudah Habis



Penjelasan :

Beredar kabar di media sosial Facebook yang menyebutkan adanya pembatalan keberangkatan jemaah haji pada tahun 2020 karena ketiadaan dana. Kabar tersebut beredar seiring dengan diunggahnya sebuah tautan artikel berjudul "Menag Tetap Batalkan Ibadah Haji 2020 Meski Dibuka Pemerintah Arab Saudi" yang dimuat situs suara.com, pada 9 Juni 2020 oleh salah satu pengguna Facebook. 

Faktanya setelah ditelusuri, dikutip dari Liputan6.com, Kepala BPKH Anggito Abimanyu mengatakan, kabar keberangkatan ibadah haji 2020 dibatalkan karena dananya sudah habis adalah tidak benar. Sementara itu, dalam akun Youtube resmi Kementerian Agama berjudul "KEMENAG PODCAST: Di Balik Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji 2020 (Part1)" pada 11 Juni 2020, Staf Ahli Menteri Agama Oman Fathurahman menjelaskan, pembatalan keberangkatan jemaah ibadah haji 2020 mempertimbangkan keselamatan para jamaah di tengah pandemi Virus Corona baru (Covid-19).


Link Counter :

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4278306/cek-fakta-tidak-benar-pembatalan-keberangkatan-jemaah-haji-ri-karena-dananya-habis

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-pembatalan-haji-karena-dananya-habis.html