Wakil Bupati Lampung Tengah Ardito Wijaya Ikuti Rapat Pencegahan, Disiplin Protokol Kesehatan dan Penanganan Covid-19 Melalui Virtual Meeting

Gunung Sugih - Wakil Bupati Lampung Tengah Ardito Wijaya dan Unsur Forkopimda mengikuti Rapat Pencegahan, Disiplin Protokol Kesehatan dan Penanganan Covid-19 melalui virtual meeting di Ruang BJW Sesat Agung Nuwo Balak, Senin 03 Mei 2021.

Acara tersebut dipandu oleh Menteri Dalam Negeri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. pada awal acara beliau menyampaikan penyebab lonjakan kasus terkonfirmasi positif covid-19 di India dipacu oleh beberapa hal diantaranya Pemilu tanpa protokol kesehatan, Ritual keagamaan, Kegiatan olahraga dan lain sebagainya. Oleh karena itu, seluruh masyarakat Indonesia dihimbau untuk mematuhi Kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah terkait acara keagamaan.

Saat ini lonjakan kasus terkonfirmasi di Indonesia semakin meningkat, hal ini disebabkan oleh beberapa kegiatan yang memicu adanya kerumunan masyarakat seperti kerumunan ekonomi pasar, perkumpulan dalam acara keagamaan (buka bersama, tarawih tanpa protokol kesehatan, halal bihalal serta mudik ke kampung halaman). Oleh karena itu Pemerintah harus tegas dalam menangani faktor-faktor pemicu kerumunan tersebut.

Selain itu, menurut Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD, Ph.D, KEMD. mengatakan bahwa kasus covid-19 secara global sudah bermutasi. Beliau menghimbau masyarakat untuk lebih waspada karena mutasi covid-19 ini sudah memakan korban jiwa secara signifikan di New Delhi, India. Kemenkes sudah melakukan WGS untuk mendeteksi varian baru yang sudah menjadi transmisi lokal. Hal ini dilakukan karena adanya kedatangan WNA dan WNI dari luar negeri yang melakukan kontak langsung maupun tidak langsung dengan masyarakat di daerahnya. Kemenkes sudah mendeteksi adanya 10 kasus varian baru B.177 sedangkan untuk kasus dari India masih dalam pemeriksaan.

   

Kepala BPBD RI Letjen TNI Doni Monardo menghimbau Pemerintah Daerah untuk SATU KOMANDO dalam menangani covid-19 ini yaitu 3M (Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, Menjaga jarak), 3T (Testing/pemeriksaan dini, Tracing/pelacakan, Treatment/perawatan), Vaksin, Disiplin, Kompak dan Konsisten.

Sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi yaitu semua unsur yang akan bertugas perlu memiliki pemahaman dan presepsi yang sama atas ketentuan pelarangan mudik dan implementasinya di lapangan, pengawasan dilakukan dengan pendekatan yang tegas namun humanis, semua pihak agar berhati-hati dalam menyampaikan pernyataan-pernyataan ke media atau publik agar jangan sampai terkesan kontradiktif dan egosentris, semua pihak diminta untuk terus menjaga koordinasi dan komunikasi yang baik agar pelaksanaan di lapangan dapat berjalan dengan lancar. Beliau mengharapkan peran serta Satgas Penanganan Covid-19 untuk mengaktifkan kembali posko-posko penanganan covid-19 dari tingkat provinsi hingga RT.

Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah menghimbau masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan dan kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan demi kebaikan kita bersama. (Diskominfo Kabupaten Lampung Tengah)

Share Post: