Rakor Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2024

Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2024 dilaksanakan pada kamis (5/9/2024) di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Lampung Tengah. Rakor TPPS yang difasilitasi Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Lampung Tengah bersama Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Tengah tersebut dibuka oleh Kepala Bappeda Imam Fatkuroji, S.STP. M.I.P. mewakili Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad, S.Sos., M.M.

Rakor tersebut dihadiri oleh Satgas Stunting Kabupaten dan seluruh Anggota TPPS Kabupaten Lampung Tengah. Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Tengah Imam Fatkuroji, S.STP., M.I.P. menyampaikan tujuan dilaksanakannya Rakor TPPS tersebut yaitu untuk mereview pelaksana Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Lampung Tengah, selain itu untuk membangun dan meningkatkan Koordinasi komunikasi dan Lintas Sektor dalam Percepatan Penurunan Stunting serta Merumuskan hal-hal strategis dan menampilkan praktik baik dari angka stunting terendah.

  

Ditambahkan Kepala Bappeda, hasil yang diharapkan dari Rakor TPPS yaitu untuk mereview percepatan penurunan stunting tingkat kabupaten beserta tindak lanjutnya serta terwujudnya kesepakatan dalam membangun dan meningkatkan komunikasi sinergitas lintas sektoral guna merumuskan Strategi dan Komitmen bersama dalam percepatan penurunan Stunting, dengan menemukan pola yang baik dalam menurunkan angka Stunting di Kabupaten Lampung Tengah .

Rapat koordinasi ini merupakan kegiatan operasional yang mengikutsertakan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) baik tingkat kabupaten maupun tingkat kecamatan serta mitra kerja lainnya yang dilaksanakan dalam bentuk pertemuan untuk melaksanakan fungsi koordinasi, fasilitasi, pelaksanaan, evaluasi serta pelaporan TPPS dalam mendukung konvergensi percepatan penurunan stunting ditingkat kabupaten secara periodik. Rapat koordinasi TPPS ini merupakan momentum penting untuk semua pihak dalam menyatukan komitmen dan langkah strategis dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Lampung Tengah.

Lebih lanjut Imam Fatkuroji, S.STP., M.I.P. menyampaikan, Stunting merupakan akar permasalahan pokok dari peningkatan kualitas sumber daya manusia yang terus diupayakan pencegahannya.
“Pencegahan dan penurunan stunting membutuhkan penanganan yang komprehensif dan berkesinambungan oleh kita semua, Oleh karena itu, Imam Fatkuroji mengajak kepada seluruh anggota TPPS Kabupaten Lampung Tengah untuk memperkuat komitmen dan bekerja keras dalam melaksanakan berbagai upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Lampung Tengah, Saya yakin dengan kerja keras dan sinergitas dari seluruh pihak, kita dapat mewujudkan generasi di Kabupaten Lampung Tengah yang sehat, cerdas, dan tangguh sebagai bonus demografi.

Imam Fatkuroji, S.STP., M.I.P. berharap output yang diharapkan dari kegiatan rapat koordinasi ini yaitu laporan pelaksanaan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting di tahun 2024 ini “Saya juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerjasama yang telah terjalin, semoga semua yang telah dan akan kita laksanakan mendapat kemudahan dari Tuhan Yang Maha Esa,” pungkas Imam. (Diskominfotik Lampung Tengah)

Share Post: