Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-77 Tahun 2024

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Zulfikar Irwan, S.Sos., M.M. mewakili Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad, S.Sos., M.M. hadiri peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 Tahun 2024 Kabupaten Lampung Tengah, Rabu 7/8/2024 di Water Park Koperasi Dwi Karya, Humas Jaya Lampung Tengah. Atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah, Zulfikar Irwan, S.Sos., M.M. mengucapkan Selamat Hari Koperasi Nasional Ke-77 Tahun 2024 kepada seluruh insan koperasi di Kabupaten Lampung Tengah.

Pada tahun 2024 ini menjadi peringatan yang ke – 77 tahun bagi Koperasi Indonesia, dan Pemerintah Indonesia mengusung tema: “Koperasi Maju, Indonesia Emas”. Tema tersebut bermakna mengibarkan semangat dalam menyongsong cita–cita Indonesia Emas 2045 serta meningkatkan koperasi di Indonesia agar terus berkembang dan maju.

 

 

Perlu kita ketahui bersama, peran koperasi sangat penting dalam menghadapi ekosistem usaha rakyat dan menghubungkan ke rantai pasok industri nasional. Koperasi menjadi solusi pembiayaan mikro yang banyak diakses rumah tangga di Indonesia termasuk salah satunya di Kabupaten Lampung Tengah. Di sektor pertanian, koperasi menjadi lembaga keuangan utama, dimana koperasi dapat membantu mengkonsolidasikan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah serta menjamin kemitraan melalui pemberdayaan koperasi.

Kabupaten Lampung Tengah sebagai salah satu kabupaten unggulan di Provinsi Lampung pada bidang pertanian tentunya sangat membutuhkan peran koperasi yang maksimal, sehingga koperasi dapat memberikan kepastian pembelian produk, akses inovasi teknologi, kemitraan dan permodalan. Oleh karenanya melalui kerjasama ini diharapkan ekonomi kita bisa tumbuh dan memberikan lapangan pekerjaan kelas menengah yang menjanjikan untuk generasi muda. Untuk itu, koperasi dapat menjadi pilihan utama dalam mengembangkan usaha, agar keterlibatan para generasi muda untuk dapat menjadi pelaku usaha yang dapat memanfaatkan produk–produk lokal yang ada di Kabupaten Lampung Tengah kita tercinta ini. 

Zulfikar Irwan berharap, semakin banyaknya pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang berkoperasi untuk menambah permodalan maka semakin banyak dan cepat UMKM di Kabupaten Lampung Tengah yang naik kelas. Untuk itu semoga momentum peringatan hari koperasi Nasional ke–77  tahun 2024, yang tepatnya jatuh setiap tanggal 12 juli, agar kita dapat selalu ingat bahwa koperasi merupakan salah satu penggerak ekonomi rakyat Indonesia. (Diskominfotik Lampung Tengah)

Share Post: