Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019 : "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju"

Perempuan Berdaya, Indonesia Maju" demikian tema Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019. 
Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto didampingi ketua tim penggerak PKK Kabupaten Lampung Tengah Hj Ellya Lusiana Loekman beserta rombongan menghadiri acara peringatan hari  ibu ke 91 di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak.(12/12/2019) Turut hadir dalam acara ini  unsur  forkopimda kabupaten Lampung Tengah,staf ahli bupati,  Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kabupaten Lampung Tengah, Gabungan organisasi wanita (GOW), dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Tengah. 

 

Ketua Panitia Pelaksana acara, Herlina  dalam laporannya mengatakan bahwa dalam rangka memperingati hari ibu ke 91 kabupaten Lampung Tengah telah menggelar berbagai acara diantara nya jalan sehat , berbagai lomba dan bakti sosial berupa pemberian bantuan kepada anak penyandang disabilitas.  " Berbagai kegiatan telah digelar dalam peringatan Hari Ibu ke -91 kabupaten Lampung Tengah,mari kita maknai peringatan hari ibu ke - 91 ini dengan peningkatkan peran ibu sebagai pendorong pembangunan daerah Kabupaten  Lampung Tengah," Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto dalam memberikan sambutannya mengatakan bahwa  Hari Ibu dimaknai sebagai hari kebangkitan perempuan Indonesia dan merupakan persatuan dan kesatuan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan dan perjuangan bangsa.

 

Perempuan memiliki hak asasi yang sama dan integral dengan hak asasi manusia. Oleh karena itu perlu dipelihara kodrat, harkat dan martabatnya sebagai Ibu Bangsa yang berhasil membina keluarga yang harmonis dan sejahtera.  Loekman  mengatakan bahwa perempuan perlu berdaya, dalam arti peran perempuan dalam ekonomi perlu ditingkatkan guna mendorong pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Masih disampaikan Bupati Loekman bahwa  perempuan berdaya, akan menjadi pendorong terwujudnya peningkatan kualitas hidup perempuan, yang kemudian akan dapat mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan visi Presiden untuk mewujudkan SDM Unggul, Indonesia Maju. Perempuan sangat berperan dalam menumbuhkan keluarga dan otomatis masyarakat. Memberdayakan ekonomi perempuan dengan membangun kewirausahaan perempuan sebagai salah satu solusi untuk menurunkan angka kekerasan terhadap perempuan, peningkatan peran keluarga dalam pendidikan anak pencegahan perkawinan anak dan pencegahan pekerja anak "Peringatan Hari Ibu ke-91 merupakan momentum untuk merenungkan peran perempuan dalam memperjuangkan peranan dan kedudukannya yang menggambarkan semangat nasionalisme perempuan berdaya untuk menuju Indonesia maju," ujar Loekman. 


Bupati yang dikenal viral dengan program gotong royong nya ini juga mengatakan akan melakukan kerjasama kemitraan dengan kelompok organisasi wanita  di Lampung Tengah dalam peningkatan usaha pertanian di Lampung Tengah 

Untuk diketahui bahwa Peringatan Hari Ibu tahun 2019 adalah Peringatan Hari Ibu yang ke - 91 kalinya. Sudah 91 tahun sejak Kongres Perempuan Indonesia pertama pada tanggal 22 - 25 Desember 1928 di Yogyakarta. 

Acara dilanjutkan dengan pemberian piala oleh Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto kepada pemenang lomba yang telah digelar dalam rangkaian acara peringatan Hari Ibu ke -91. Bupati juga menyerahkan langsung bantuan bakti sosial kepada anak penyandang disabilitas.

Share Post: