Pemkab Lamteng Gelar Bimtek Katalog Elektronik Lokal Kontruksi Bagi PPK dan Pejabat Pengadaan Tahun 2024

Bandar Jaya - Bupati Lampung Tengah (Lamteng) yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. Eko Dian Susanto, M.I.P. menghadiri dan membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Katalog Elektronik Lokal Kontruksi dengan tema "Optimasi Pemanfaatan Mini Kompetisi Jasa Kontruksi", kegiatan ini diadakan oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setdakab Lamteng. Dilaksanakan di Hotel BBC Bandar Jaya. Kamis (18/7/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Bagian PBJ Setdakab Lamteng Indra Erlangga, S.E., M.M., Narasumber Muhammad Arif Setiawan dari Lembaga Kebijakan PBJ Pemerintah Republik Indonesia, Para Perangkat Daerah dan Para Camat se-Lamteng. Saat membacakan sambutan tertulis Bupati, Eko Dian Susanto mengatakan sebagai Pemerintah Daerah, kita memiliki tanggung jawab besar dalam mengelola anggaran dan sumber daya publik dengan efisien dan transparan. Pengadaan barang dan jasa yang baik dan tepat waktu tidak hanya akan berdampak positif terhadap pelayanan publik, tetapi juga akan menciptakan lingkungan bisnis yang sehat dan berkeadilan bagi para pelaku usaha lokal. Eko Dian Susanto melalui kegiatan bimtek ini berharap semua peserta dapat menggali pengetahuan baru, berbagi pengalaman dan bersinergi untuk menciptakan pelaksanaan PBJ sesuai peraturan yang berlaku.

  

Sementara itu, Kabag PBJ Indra Erlangga dalam laporannya mengatakan tujuan dari kegiatan ini antara lain Meningkatkan Kualitas Pengadaan: Dengan pemahaman yang lebih baik tentang Metode Pemilihan Penyedia, peserta diharapkan mampu menghasilkan proses pengadaan yang berkualitas dan lebih baik. Mengurangi Risiko dan Penyimpangan: Peserta akan dilatih untuk mengidentifikasi risiko-risiko yang mungkin muncul selama proses pengadaan dan bagaimana mengelolanya. Hal ini dapat membantu mengurangi peluang terjadinya penyimpangan atau masalah dalam pengadaan. Meningkatkan Transparansi: Dengan pemahaman tentang peraturan dan regulasi, peserta akan lebih mampu menjalankan proses pengadaan dengan transparansi dan akuntabilitas yang lebih tinggi. Peningkatan Kepercayaan: Proses Pemilihan Penyedia dengan metode pengadaan yang baik akan meningkatkan kepercayaan baik itu manajemen internal maupun pihak eksternal, terhadap kemampuan organisasi dalam mengelola pengadaan dengan baik. (Diskominfotik Lampung Tengah)

Share Post: