Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan Ke-1 Lembaga Administrasi Negara RI

Pj. Sekda Lampung Tengah Drs. Kusuma Riyadi, M.M. mewakili Bupati Lampung Tengah menerima 15 Orang peserta Visitasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan Ke-1 Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI yang mengusung Tema Transformasi Tata Kelola Pemerintahan di Era Artificial Intelligence. Rombongan peserta PKN ini diterima Pj. Sekda di Aula Siger Emas Lantai 4 Komplek Kantor Bupati Lampung Tengah. Rabu (24/4/2024). Hadir mendampingi Pj. Sekda Lamteng antara Lain Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs.Rusmadi, M.M., Kepala BKPSDM Bambang Setiawan, S.STP., M.M. serta para Kepala Perangkat Daerah terkait.

Visitasi peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional ini bertujuan memfasilitasi peserta untuk mengaktualisasikan Kepemimpinan Strategis dan Management Strategis, dimana Output dari kegiatan ini adalah kebijakan singkat atau Policy Brief. Selain Itu, sebagai sarana sharing inovasi yang telah dilakukan oleh lokus yang dikunjungi sehingga terbangun pengertian dan kesepahaman antara peserta. Fasilitator Dr. Wahyu Suprapti, M.Psi-T. yang mendampingi peserta Visitasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional mengatakan jika selama ini Pj. Sekda sering menerima kunjungan tamu-tamu penting, menurutnya tamu yang datang saat ini jauh lebih penting karena tamu yang berasal dari seluruh penjuru nusantara, Wahyu mengaku memilih Lampung Tengah sebagai Lokus karena peserta ingin mengetahui bagaimana kondisi nyata, permasalahan dan tantangan dalam pelayanan public di Kabupaten Lamteng, dan bagaimana kebijakan, gagasan, strategi dan inovasi pembangunan Infrastruktur Digital di Kabupaten Lamteng terkait Transformasi Tata Kelola Pemerintahan di era Artificial Intelligence.

  

Sementara itu, Pj. Sekda Lamteng, Drs. Kusuma Riyadi, M.M. dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para peserta Visitasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan I Tahun 2024 di Kabupaten Lampung Tengah. Kami sangat mengapresiasi dan menyambut baik kunjungan kerja ini, semoga dengan kedatangan bapak/ibu di Lampung Tengah dapat membawa banyak kemanfaatan demi kemajuan Kabupaten Lampung Tengah yang sama-sama kita cintai.

Kabupaten Lampung Tengah merupakan Kabupaten terluas di Provinsi Lampung dengan jumlah Kecamatan sebanyak 28 Kecamatan yang terdiri dari 301 Kampung dan 10 Kelurahan dengan rentang wilayah yang begitu luas, Bupati Lampung Tengah Memiliki terobosan di bidang pelayanan melalui program unggulan, yakni layanan jemput bola yang dikemas dalam program Bunga Kampung (Bupati Ngantor di Kampung) sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat yang berada di pelosok daerah. Selain Itu, Lampung Tengah merupakan penyangga pangan di Provinsi Lampung dengan potensi lahan sawah di Kabupaten Lampung Tengah yakni seluas 79.664 Hektar dan lahan kering seluas 138 Hektar.

Diakhir sambutannya, Kusuma Riyadi mengatakan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah siap bekerja sama dan berkolaborasi dalam menyukseskan program-program dari LAN (Lembaga Administrasi Negara), Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang lebih baik sesuai perkembangan zaman khususnya di Kabupaten Lampung Tengah. Acara dilanjutkan dengan pemaparan dan tanya jawab yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Lampung Tengah Imam Fatkuroji, S.STP., M.Si., Sekretaris DPMPTSP Drs. Aria Resukia, MM. dan Kabid PPBE DISKOMINFOTIK Indra Gandi, S.E. (Diskominfotik Lampung Tengah)

Share Post: