Nirlan, S.H., M.M. Membuka Resmi Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RPJPD

Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Tengah, Nirlan, S.H., M.M. membuka secara resmi, Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2025-2045.  Rabu, 13 Desember 2023 di BBC Bandar Jaya Lampung Tengah. Hadir dalam kegiatan tersebut, Para Asisten, Para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah, Para Camat, dan dinas terkait.

Sekdakab Lampung Tengah, Nirlan, S.H., M.M. menyampaikan, menjelang berakhirnya periode RPJPD Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2005-2025, Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah sedang menjalani tahapan dan progres penyusunan RPJPD Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2025-2045 dan ditargetkan akan selesai pada tahun 2024 mendatang. Penyelesaian penyusunan RPJPD secara tepat waktu menjadi sangat penting mengingat tahun 2024 akan diselenggarakannya Pemilihan Kepala Daerah Serentak dan para Calon Kepala Daerah akan menggunakan RPJPD sebagai acuan dalam menyusun visi dan misi pembangunan ke depan.

  

Salah satu tahapan penyusunan Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Lampung Tengah yang saat ini sedang kita laksanakan adalah penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik. Forum ini juga sebagai bentuk konsultasi dan salah satu cara menghimpun masukan dari para pemangku kepentingan pelaksanaan pembangunan Kabupaten Lampung Tengah. Masukan dan saran akan menjadi bahan pertimbangan dalam penyempurnaan Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Lampung Tengah, sekaligus membangun rasa memiliki terhadap RPJPD Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2025-2045, karena RPJPD bukan hanya milik Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah, melainkan milik seluruh Masyarakat Kabupaten Lampung Tengah

Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah telah menyusun draft Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2025-2045 yang memuat pokok-pokok gambaran umum kondisi daerah, capaian pembangunan daerah, isu strategis dan permasalahan pembangunan, rancangan awal Visi dan Misi untuk 20 (dua puluh) tahun mendatang serta rancangan awal Arah Kebijakan dan Sasaran Pokok Pembangunan. Dengan mengusung (draft) Visi Lampung Tengah Tahun 2045 “Kabupaten Lampung Tengah Yang Maju, Berdaya Saing, Sejahtera dan Berkelanjutan”, pembangunan Lampung Tengah ke depan juga dikontribusikan untuk mendukung terwujudnya Visi Indonesia Emas 2045 yaitu “Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan” dan (draft) Visi Provinsi Lampung 2045 yaitu “Mandiri, Maju, dan Berkelanjutan” Sejalan dengan Visi Indonesia Emas 2045 dan Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Tengah juga melakukan transformasi secara menyeluruh berlandaskan kolaborasi seluruh elemen masyarakat Lampung Tengah untuk mencapai kemajuan. 

Visi Lampung Tengah 2025-2045 dituangkan dalam 6 (draft) Misi Pembangunan, yaitu : Mewujudkan Transformasi Ekonomi, Mewujudkan Transformasi Sosial Yang Adaptif, Mewujudkan Ketahanan Sosial Budaya dan Ekologis, Pembangunan Wilayah Merata dan Berkeadilan, Percepatan Pembangunan, serta Mewujudkan Supremasi Hukum dan Stabilitas.

Disisi lain Kaban Bappeda, Imam Fatkuroji, S.STP., M.I.P dalam laporanya menyampaikan, maksud dan tujuan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Ranwal RPJPD Tahun 2025-2045, diantaranya : Untuk menyampaikan gagasan Visi yang ingin dicapai Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2045, beserta Misi dan Arah Kebijakan yang akan dilaksanakan tahun 2025-2045. Untuk memberikan gambaran capaian pembangunan pada RPJPD tahun 2005-2025. Untuk mendapatkan sinkronisasi Arah Pembangunan Nasional, Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Tengah menuju Indonesia Emas 2045. Untuk mendapatkan saran dan masukan dari para pemangku kepentingan pembanguna di Kabupaten Lampung Tengah terhadap kesempurnaan dokumen RPJPD Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2025-2045. (Diskominfotik Lampung Tengah)

Share Post: