Drs. Kusuma Riyadi, M.M. Membuka Resmi Acara Diseminasi Audit Kasus Stunting Kabupaten Lampung Tengah

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Kusuma Riyadi, M.M. mewakili Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad, S.Sos., M.M. membuka secara resmi acara Diseminasi Audit Kasus Stunting Kabupaten Lampung Tengah, Rabu 22 November 2023 di Aula Bappeda Kabupaten Lampung Tengah. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas PP dan KB dr. Lidia Dewi, Para Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dan Dinas terkait. Drs. Kusuma Riyadi, M.M. menyambut baik dan mengapresiasi atas diadakannya kegiatan Diseminasi Audit Kasus Stunting Semester 2 Tahun 2023 di Kabupaten Lampung Tengah. Pelaksanaan kegiatan Diseminasi Audit Kasus Stunting ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui penyebab resiko stunting, kemudian dari hasil identifikasi dilakukan analisis guna memberikan rekomendasi sebagai upaya pencegahan yang harus dilakukan.

Pencapaian angka stunting di Kabupaten Lampung Tengah sudah mengalami penurunan yang cukup signifikan di tahun 2022 sebesar 14,78 % turun menjadi 8,6 % di tahun 2023. Angka ini harus kita turunkan lagi secara bertahap mulai dari tahun ini sampai dengan tahun 2024. Untuk mewujudkan Target Zero Stunting dibutuhkan koordinasi dan komitmen yang kuat dari semua pihak yaitu OPD terkait. Baik dari bidang kesehatan, pangan dan gizi serta lingkungan yang memadai seperti sanitasi, jamban keluarga, ketersediaan air bersih serta pola asuh balita yang baik dan benar.

 

 

Saya berharap peran dan fungsi TPPS Kecamatan dan Kampung serta TPK dapat lebih optimal dalam melakukan pendampingan terhadap sasaran dalam rangka penanganan program percepatan penurunan stunting di wilayah kerjanya dan mengidentifikasi sumber daya anggaran serta membuat laporan yang disampaikan ke TPPS Kabupaten. Saya juga berharap kepada semua jajaran, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, kampung/kelurahan mari kita bersama- sama fokus untuk penanganan stunting di Kabupaten Lampung Tengah. Kita semua harus bergerak untuk percepatan penanganan stunting sehingga Kabupaten Lampung Tengah dapat menjadi contoh di Provinsi Lampung.

Disisi lain Kabid. KB. PP dan KB Nur Aini Rasyid, S.Sos., M.M. dalam laporanya menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk menemukan solusi terhadap permasalahan stunting, evaluasi rekomendasi sebagai tindak lanjut terhadap penanganan kasus stunting serta menjadi bahan laporan khusus stunting di Kabupaten Lampung Tengah. Kreteria peserta adalah pada penanganan kepentingan OPD terkait, TP PKK, camat, kepala puskesmas,,korup KB dan TPK. (Diskominfotik Lampung Tengah)

Share Post: