Drs. Kusuma Riyadi, M.M. Membuka Pelatihan Relawan SAPA Kabupaten Lamteng

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Tengah (Sekdakab Lamteng), Drs. Kusuma Riyadi, M.M. mewakili Bupati Lamteng, Musa Ahmad, S.Sos., M.M., membuka kegiatan Pelatihan Relawan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) Kabupaten Lamteng, bertempat di Aula Siger Emas. Rabu (6/9/2023).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Lamteng, Nuliana, S.H., M.H. dalam laporannya mengatakan desa ramah perempuan dan peduli anak adalah sebuah desa/kelurahan yang berperspektif gender dan hak anak dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan, yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, berkelanjutan, sesuai dengan visi pembangunan Indonesia. Lebih lanjut, Beliau mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk melatih para relawan SAPA dalam pelaksanaan Kampung Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA) di kampung.

Sementara itu, Bupati Lamteng, Musa Ahmad, S.Sos., M.M. dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Lamteng, Drs. Kusuma Riyadi, M.M. mengatakan sangat mendukung dan menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan pelatihan relawan SAPA dalam rangka penilaian aplikasi Anugerah Parahita Ekapraya (APE) di Lamteng. Kemudian, partisipasi masyarakat menjadi modal utama dalam mengembangkan kampung yang ramah perempuan dan peduli anak, sesuai dengan mandat undang - undang perlindungan anak pasal 72 bahwa masyarakat berperan serta dalam perlindungan perempuan dan anak, baik secara personal maupun kelompok. Hadir dalam acara tersebut antara lain, Narasumber dari Fasilitator Relawan Sahabat Perempuan dan Anak Provinsi Lampung, Ir. Amir Mahmud Hasan, Perwakilan Dinas PPPA Provinsi Lampung, Asril dan peserta dari Aparatur Kampung dan Relawan SAPA Kampung se - Lamteng. (Diskominfotik Lampung Tengah)

 

Share Post: