[DISINFORMASI] Teori Terkait Penggunaan Masker Dan Jaringan 5G Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh



Penjelasan :

Sebuah gambar dibagikan di media sosial berisi uraian teori konspirasi tiga fase terkait dengan Covid-19. Dalam uraian itu disebutkan bahwa Covid-19 sebenarnya hanyalah flu dengan gejala ringan, lalu disebutkan bahwa penggunaan masker dan efek jaringan 5G menjadi faktor yang melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia di masa pandemi Covid-19.

Faktanya, uraian dalam teori tersebut tidak sepenuhnya benar. Dilansir dari Fact Check milik reuters.com, dijelaskan bahwa kebanyakan orang dengan Covid-19 mengalami gejala ringan hingga sedang, bahkan untuk beberapa gejala parah dan dapat menyebabkan kematian. Sementara uraian yang menyebut penggunaan masker dan jaringan 5G melemahkan sistem kekebalan tubuh adalah keliru. Tidak ditemukan bukti ahli bahwa memakai masker wajah melemahkan sistem kekebalan tubuh. WHO juga menegaskan bahwa tidak ada penelitian yang menghubungkan paparan teknologi nirkabel dengan efek kesehatan.


Link Counter :

https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-pandemic-phases/fact-check-covid-19-symptoms-are-not-always-mild-mask-use-and-5g-will-not-weaken-the-immune-system-idUSKCN24H36W