Kunjungan Kerja Bunda Literasi Hj. Mardiana Musa Ahmad ke Perpustakaan SMAN 1 Kecamatan Anak Ratu Aji

Kunjungan Bunda Literasi Lampung Tengah Hj. Mardiana Musa Ahmad ke Perpustakaan SMA Negeri 1 Kecamatan Anak Ratu Aji, Kamis 07 Maret 2024. Bunda Literasi hadir didampingi oleh Ketua 2 TP PKK Kabupaten Lampung Tengah Armalia Kusuma Riyadi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Tengah Marwin Bastari, Camat Anak Ratu Aji Puji Suwarta, S.Sos., M.I.P.,  Bunda Literasi Kecamatan Anak Ratu Aji, Bunda Literasi Kampung se-Kecamatan Anak Ratu Aji, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Anak Ratu Aji.

Dalam sambutannya kepala sekolah SMAN 1 Anak Ratu Aji mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kunjungan bunda literasi di SMAN 1 Anak Ratu Aji beliau mengatakan membaca adalah jendela ilmu namun siwa/siswi sekarang lebih senang melihat HP oleh karena itu beliau berharap dengan kedatangan Bunda Literasi Hj. Mardiana Musa Ahmad dapat memberi arahan atau solusi biara anak-anak lebih senang membaca buku dari pada bermain HP.

 

 

Masih dalam kegiatan yang sama Bunda Literasi Kabupaten Lampung Tengah Hj. Mardiana Musa Ahmad dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini pernah dilakukan di tahun 2022. Kunjungan Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Kampung, Taman Bacaan Masyarakat, Pojok Baca dan Perpustakaan Keluarga. Sehingga mendapat Penghargaan Rekor Muri Kunjungan Perpustakaan terbanyak. Perpustakaan sekolah merupakan ruang baca yang harus diperhatikan terutama jumlah buku dan buku-buku tersebut bukan buku pelajaran kurikulum sekolah melainkan buku bacaan yang sesuai dengan kebutuhan sekolah atau buku umumnya di perpustakaan. Jumlah keberadaan perpustkaan sekolah dan buku di sekolah merupakan salah satu indikator penilaian indek pembangunan literasi masyarakat Lampung Tengah dengan kata lain jumlah perpustakaan sekolah dan jumlah bukunya mempengaruhi nilai indeks pembangunan literasi, untuk itu harapan saya agar pihak sekolah bisa memprioritaskan keberadaan perpustakaan sekolah dan bukunya. 

Selain itu Bunda Mardiana Musa Ahmad juga menyampaikan kepada anak-anak murid SMA Negeri 1 Anak Ratu Aji bahwasannya perpustakaan di sekolah juga ada kegiatan perpustakaan berbasis inklusi sosial, ini berati sekolah pasti sudah melaksanakan kegiatan ini, yang artinya bisa untuk menambah ilmu atau keterampilan sebagai bekal kelak bila sudah lulus sekolah untuk meningkatkan ekonomi keluarga. (Diskominfotik Lampung Tengah)

Share Post: