Notice: Undefined variable: data in /home/pemkab/public_html/count.php on line 18
Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah

[HOAKS] Pesan Berantai Facebook Messenger Istri Walikota Samarinda Untuk Penggalangan Dana Baksos



Penjelasan :

Beredar sebuah pesan berantai di Facebook Messenger mengatasnamakan Istri dari Walikota Samarinda, Puji Setyowati Jaang. Akun tersebut melakukan penggalangan dana bakti sosial (baksos) untuk pembangunan panti melalui chat messenger Facebook . Dalam pesannya tertulis bahwa penggalangan dana dikumpulkan melalui transfer lewat rekening bank atas nama Lestari Apriyanti. 

Kepala Dinas Kominfo Samarinda, Aji Syarif Hidayatullah, telah mengkonfirmasi bahwa akun Istri dari Walikota Samarinda tersebut telah di-hack oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. “Mohon ijin menginformasikan, bahwa akun Facebook Ibu Puji Setyowati isteri bapak Walikota Samarinda yang juga ketua TP PKK Samarinda dan Anggota DPRD Provinsi Kaltim telah di-hack. Mohon agar tidak menanggapi permintaan pertemanan terlebih ketika ada permintaan bantuan baik melalui FB, HP ataupun lainnya. Itu tidak benar dan agar kita selalu waspada,” ucap Aji Syarif Hidayatullah yang langsung menerima pesan dari Walikota Samarinda, Sabtu (20/6/2020). Oleh karenanya, penggalangan dana yang mengatasnamakan Istri Walikota Samarinda itu tidaklah benar dan telah melakukan penipuan berkedok Baksos dengan menggunakan akun Kloning Ibu Puji Setyowati jaang. Masyarakat dihimbau agar lebih berhati-hati ketika menerima pesan yang memanfaatkan media sosial ataupun WA yang tidak jelas.


Link Counter :

https://www.merdeka.com/peristiwa/akun-facebook-istri-wali-kota-samarinda-diretas-minta-uang-bermodus-sumbangan.html

https://kumparan.com/kumparannews/ramai-akun-facebook-istri-wali-kota-samarinda-dihack-ada-yang-tertipu-rp-2-juta-1tehwacL2pa