Notice: Undefined variable: data in /home/pemkab/public_html/count.php on line 18
Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah

[DISINFORMASI] Anjing dan Kucing Tidak Bisa Menularkan Virus Corona



Penjelasan :

Telah beredar postingan di media sosial Facebook yang menyatakan bahwa WHO menyebut kucing dan anjing tidak bisa menularkan Virus Corona. Dalam narasinya disebutkan bahwa tidak ada atau belum ada rekam medis bahwa Virus Corona ditularkan ke manusia dari hewan domestik.

Berdasarkan penelusuran, kabar yang menyebut kucing dan anjing tidak bisa menularkan Virus Corona adalah salah. Dilansir dari situs berita factcheck.afp.com, pihak WHO memberikan bantahan kalau anjing dan kucing tidak bisa menularkan Virus Corona. Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa anjing dapat terinfeksi Canine Coronavirus. Penyakit ini menyebabkan diare, muntah, dan gangguan usus pada anjing. Virus ini menyebar melalui feses, terutama saat anak anjing makan tinja. Anjing juga dapat terinfeksi Virus Corona yang menyerang pernapasan, sehingga membuatnya batuk, bersin, dan mengeluarkan lendir.


Link Counter :

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4315972/cek-fakta-klaim-tidak-benar-kucing-dan-anjing-tak-bisa-tularkan-virus-corona-ke-manusia?medium=Headline&campaign=Headline_click_1

https://factcheck.afp.com/misleading-claim-circulates-about-whos-advice-covid-19-transmission-cats-and-dogs