Kadis Kominfo LT Hi. SARJITO - Ajak manfaatkan media sebagai sarana informasi dan sosialisasi

KALIMANTAN SELATAN - RAPEMDA 92,8 FM, Partisipasi pria untuk mengikuti program KB masih rendah. Salah satunya disebabkan minimnya akses laki-laki terhadap perolehan INFORMASI, pelayanan KB, dan kesehatan reproduksi.

Demikian dikatakan kadis Kominfo Lampung Tengah Drs.Hi.Sarjito.MM, saat mengikuti Workshop Peningkatan kesertaan kapasitas KB Pria dalam rangka Hari Keluarga nasional (Harganas) ke 26 di kota banjar baru kalimantan selatan, jumat 5 Juli 2019.

Menurut Sarjito, kurangnya promosi atau sosialiasi tentang KB pria dikarenakan kebijakan KB di Indonesia yang masih berfokus pada pencapaian target peserta KB perempuan. Perempuan masih tetap menjadi sasaran utama sosialisasi program KB dengan harapan istri yang akan mengkomunikasikan dan menegosiasikan pemakaian alat kontrasepsi (alkon) kepada suaminya.

Ditambahkan sarjito Hal ini tentunya menjadi tidak sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan peran serta pria dan kesetaraan gender dalam konteks keluarga berencana karena tidak secara serius menjadikan pria sebagai target sasaran program KB,

Selain itu mantan kadisdik lampung tengah ini melihat kurangnya informasi yang diterima pria sebagai penyebab rendahnya keikutsertaan pria dalam program KB.

Untuk itu sarjito berharap kepada dinas terkait agar terus memberikan informasi atau sosialisasi mengenai pelayanan KB dan kesehatan reproduksi,jangan sampai para suami hanya memperoleh informasi melalui isteri. Sementara dengan budaya yang melekat di masyarakat menjadikan informasi yang dibawa isteri ini sangat rawan ditolak oleh suami, Ujarnya"" ( DISKOMINFO LAMPUNG TENGAH)